Universal Mobile Telecommunications System (UMTS)

UMTS adalah standar eropa untuk system komunikasi mobile 3G yang memberikan peningkatan beberapa layanan multimedia. UMTS telah mengalami evolusi dari format dasarnya melalui pengembangan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access). HSDPA dan HSUPA menghadirkan kemampuan bandwidth yang sangat tinggi sehingga mampu mendukung layanan telekomunikasi generasi selanjutnya.

UMTS mendukung kecepatan transfer data hingga 1920 kbit/s (bukan 2 Mbit/s seperti yang berkembang di masyarakat saat ini), walaupun demikian, pada kenyataannya saat ini pengguna hanya dapat menikmati kecepatan transfer data hingga 384 kbit/s – di Jepang sedang dipersiapkan peningkatan kecepatan hingga 3 Mbit/s. Namun jika dibandingkan dengan kecepatan 14.4 kbit/s single GSM error-corrected circuit switched data channel atau multiple 14.4 kbit/s channels dalam HSCSD, UMTS masih jauh lebih unggul. Dalam persaingan dengan jaringan lainnya seperti teknologi CDMA-2000, atau PHS WLAN, UMTS menawarkan kelebihan berupa akses ke World Wide Web dan beberapa layanan data yang lain pada perangkat mobile.

Seperti halnya implementasi W-CDMA lainnya, UMTS menggunakan sepasang saluran 5 MHz, satu pada 1900 MHz untuk uplink dan satu pada 2100 MHz untuk Downlink. Sebaliknya, sistem CDMA2000 menggunakan satu atau lebih saluran arbitrary 1,25 MHz untuk setiap arah komunikasi. UMTS dan system W-CDMA lainnya banyak dikritik untuk penggunaan spektrum besar mereka, yang menyebabkan tertundanya penggunaan UMTS di negara-negara yang belum mendapat alokasi frekuensi baru khusus untuk UMTS (seperti Amerika)

Standar UMTS menetapkan frekuensi khusus untuk uplink adalah 1885-2025 MHz dan 2110-2200 MHz untuk Downlink

Untuk operator GSM saat ini, bermigrasi ke UMTS cukup mudah tapi harus mengeluarkan dana yang tidak kecil: sebagian besar infrastruktur menggunakan infrastruktur GSM, tetapi biaya mendapatkan lisensi untuk spektrum baru dan overlaying UMTS yang ada di menara bisa sangat mahal.

Satu Tanggapan

  1. bagus mas postingnya… ga kalah ma situs http://www.masajis.net

Tinggalkan komentar